Menangis karena Allah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Sudah begitu lama, mata ini tidak pernah lezat menangis karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagian orang menangis hanya karena kehilangan barang / sesuatu yang berharga dari perkara dunia dia. Sebagian orang menangis hanya karena tidak sampainya cita-cita dia. Sebagian orang menangis hanya karena planning-planning / rencana-rencana yang dia rencanakan, baik gagal total, setengahnya, atau sepertiganya. Sebagian orang menangis bukan karena takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mudah-mudahan dengan kajian ini, kelezatan menangis karena Allah Subhanahu wa Ta’ala kembali kita rasakan. Mudah-mudahan dengan kajian ini, mata yang dulunya berlinang karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, mata yang dulunya mengharap rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan akhirnya melinangkan air mata yang sungguh sudah lama tidak mengalir air mata tersebut karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mudah-mudahan dengan kajian ini, kita kembali merasakan lezatnya menangis karena Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sungguh di dalam Islam, menangis karena Allah Subhanahu wa Ta’ala terdapat keutamaan yang sangat luar biasa. Coba perhatikan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam:

لا يلج النار رجل بكى من خشية الله

“Tidak akan disentuh oleh api neraka seseorang yang menangis karena Allah …”

Sebagian orang menangis karena mungkin mendapat kesulitan di dunia. Sebagian orang menangis karena mungkin dia merasakan rasa sakit. Mana mata-mata yang menangis karena Allah Subhanahu wa Ta’ala?

Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim:

سبعة يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله: … ورجل ذكر الله خاليا ففاضت عيناه

“7 orang yang dinaungi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan naunganNya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naunganNya: … (Salah satu dari 7 orang tersebut adalah:) Seseorang yang berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam keadaan sendirian kemudian matanya berlinang akan air mata.”

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan dishahihkan oleh Imam Albani rahimahumallahu Ta’ala, Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

عينان لا تمسهما النار، عين بكت من خشية الله، …

Dua mata yang tidak akan pernah disentuh oleh api neraka, yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, …”

 

Sumur: radiorodja.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s